Latest Updates

Cara Searching

Cara Searching dan browsing Internet paling Efektif. Dalam browsing internet untuk melakukan pencarian data yang kita inginkan tentunya memerlukan keword atau kata kunci yang baik agar hasi pencarian atau searching menjadi lebih akurat dan fokus pada permasalahan yang diinginkan.
Ada berbagai cara atau tips yang dapat dialakukan antara laian adalah dengan memasukan simbol-simbol tertentu sperti Simbol + dan “. Simbol plus (+). Tanda plus digunakan jika seorang netter ingin mencari berbagai dokumen dengan kata kunci lebih dari satu. Contohnya adalah seorang guru yang ingin mencari informasi mengenai profil penduduk di propinsi Riau, maka yang bersangkutan dapat mencarinya dengan menggunakan kata kunci.

+profil +penduduk +riau

Mesin pencari bisa mbah google atau yang lain jika menemukan format semacam ini akan mencari berbagai sumber dokumen maupun artikel yang ada di seluruh internet dimana di dalamnya terdapat kata “profil”, “penduduk”, dan “aceh”. Jika terdapat sebuah dokumen yang mengandung salah satu atau dua kata yang ada, maka yang bersangkutan tidak akan ditampilkan. Simbol “+” ini dapat dipergunakan sebanyak-banyaknya, karena prinsip yang kerap dipergunakan dalam melakukan searching adalah bahwa semakin spesifik yang dicari (semakin banyak menggunakan tanda “+”) akan semakin baik, karena search engine akan lebih fokus melakukan pencarian. Simbol lainnya yang sering dipergunakan mendampingi “+” adalah simbol minus (-). Untuk mudahnya, simbol tersebut dapat dibaca sebagai “kecuali”. Misalnya :

+master +degree +scholarship +abroad –Indomesia –Amerika

Dengan menggunakan format tersebut maka search engine yang digunakan akan melakukan pencarian di internet seluruh dokumen yang mengandung teks “master”, “degree”, “scholarship”, dan “abroad” namun tidak terdapat kata “Indomesia” maupun “Amerika” di dalamnya.  
Ada lagi yang dipakai selain plus dan minus adalah simbol tanda kutip (“). Simbol ini dapat membantu pengguna internet  untuk semakin memperkecil atau memfokuskan pencarian ke hal yang benar-benar diinginkan. Yang dilakukan oleh tanda kutip adalah memerintahkan search engine untuk mencari dokumen atau informasi yang mengandung teks persis seperti yang ada di dalam tanda kutip terkait. 
Berdasarkan perintah tersebut, search enggine akan mencari seluruh dokumen di internet yang mengandung frase “persatuan indonesia”. Jika sebuah dokumen hanya mengandung kata “persatuan” atau “indonesia” saja, maka dokumen tersebut tidak akan ditampilkan. Walaupun terlihat sederhana, tanda kutip ini sebenarnya sangat ampuh jika dipergunakan dengan benar.  Tak ketinggalan jika kita menginginkan pencarian dalam bentuk format microsoft word, PDF, excel, powerpoint atau yang lain anda dapat menambahkan perintah tambahan yaitu misalkan “filetype:doc” sehingga yang ditampilkan file-file yang berformat “doc” dan begitu kita menlakukan klik link tersebut maka akan secara otomatis akan muncul menu download file berbentuk microsft word.
sumber : http://iklankomputermurah.blogspot.com/2011/02/cara-paling-efektif-searching-dan.html

0 Response to "Cara Searching"

Post a Comment

Entri Populer

Entri Populer